logo dewa jasa lasercut white color
Edit Content
Click on the Edit Content button to edit/add the content.

Panduan Lengkap Contoh Signage dan Tips Membuatnya

Dapatkan semua yang perlu Anda ketahui tentang contoh signage untuk inspirasi usaha Anda dan tips membuatnya.

Daftar Isi

Signage adalah sarana promosi yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Di sekitar kita, ada beragam contoh signage yang sering ditemui.

Selain sebagai media papan iklan, signage juga memiliki banyak fungsi. Misalnya sebagai branding, rambu, penunjuk arah, dan lain sebagainya dalam berbagai industri.

Seperti fungsinya, bentuk signage pun beragam. Logo sederhana yang informatif hingga tipografi rumit hanya beberapa dari banyak contoh signage

Untuk marketing dan branding, signage juga dapat berkontribusi untuk memberikan kesan pertama brand yang baik di mata calon pelanggan.

DI artikel ini, kami merangkum beragam contoh signage yang bisa dijadikan inspirasi untuk usaha dan brand Anda. Mari kita lanjutkan!

Lebih Jauh: Cara Membuat Desain Huruf Timbul yang Menarik (+ Contoh)

banner pricelist

Elemen Utama Desain Signage yang Efektif

Saat membuat desain signage, Anda perlu memastikan ia sederhana, mudah dibaca, dan langsung ke intinya untuk menyajikan informasi penting.

Bentuk desain yang digunakan pada signage bisa berupa logo, perpaduan warna dan teks, ataupun tipografi.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal ini agar desain signage Anda jadi lebih efektif.

Berikut ini adalah enam elemen utama dalam membuat desain signage:

  • Mudah Dilihat: Signage harus dibuat dengan ukuran yang cukup besar agar dapat dilihat dengan jelas. Logo yang simpel dengan tulisan jelas adalah contoh signage yang mudah dilihat.
  • Pesan Ringkas: Isi dari signage harus mempunyai pesan yang jelas namun ringkas. Contoh signage yang efektif biasanya memakai copywriting yang unik dan menarik.
  • Penggunaan Warna: Perpaduan warna yang tepat untuk desain isi signage sangat penting. Jika ada kombinasi warna yang salah, signage Anda akan jadi tidak enak dilihat.
  • Persuasif: Memasukan satu atau dua tagline yang persuasif adalah bagian dari elemen utama saat mendesain signage. Fungsinya adalah untuk menggiring audiens agar menjadi konsumen produk Anda.
  • Desain Grafis: Dukungan grafis perlu diperhatikan, jangan sampai tema yang dibawakan tidak sesuai dengan produk yang dipromosikan. Anda akan memerlukan desainer yang mengetahui tentang isi produk dan bagaimana cara menampilkannya ke visual yang menarik.
  • Elemen yang Sesuai: Anda harus memastikan elemen desain yang digunakan sudah sesuai dengan tema dan desain signage Anda. Misalnya, untuk momen lebaran, Anda dapat menambahkan elemen masjid dan ketupat agar mewakili tema signage.

Inspirasi: 7 Desain Signage Kreatif dan Efektif untuk Bisnis Anda

Contoh Signage Berdasarkan Tempatnya

Contoh signage bisa berbeda tergantung dari tempat di mana signage itu akan dipasang. Berikut ini beberapa contoh signage dan penjelasannya:

Indoor Signage

Indoor signage biasanya dibuat khusus untuk kebutuhan bisnis internal, misalnya arah jalan menuju ruangan tertentu atau informasi sekitar bagian dalam gedung.

Material yang lebih banyak digunakan ialah akrilik, PVC, spanduk, hingga bahan hasil grafir. Berikut beberapa contoh indoor signage yang lazim ditemukan:

  • Lobby Sign: Signage yang khusus dibuat untuk area perkantoran dan diletakkan di ruang resepsionis. Tujuannya untuk memberikan informasi kepada pengunjung tentang denah atau posisi ruangan.
  • Wayfinding Sign: Wayfinding signs merupakan signage yang berfungsi sebagai penunjuk arah di area ruangan atau gedung.
  • Directory Sign: Tanda direktori biasanya terletak di area koridor atau hall gedung yang berisikan nomor kantor, suite kantor, nomor apartemen, dan masih banyak lagi. 
  • ADA Sign: Di Amerika Serikat, ada American with Disabilities Act Sign yang berfungsi untuk membantu penyandang disabilitas. Signage ini dibuat khusus mulai dari posisi penempatan hingga bahasa penulisan dibuat sedemikian rupa agar mempermudah mobilitas mereka.
  • Digital Display: Signage digital ini bisa berupa konten-konten promosi dalam format video dan biasanya terpasang di layar dalam ukuran besar.
  • Menu Board: Menu boards sering kita temukan di restoran untuk menampilkan menu yang tersedia. Contoh signage ini biasanya diletakan di dekat area kasir.

Lebih Lanjut: Jasa Pembuatan Signage Dewa Jasa Lasercut

  • Floor Graphic: Sesuai namanya, floor graphic pasti diaplikasikan di lantai. Anda bisa menemukan contoh signage ini di area dalam supermarket sebagai penunjuk jalan ke area tertentu atau iklan suatu brand.
  • Wall Mural: Gambar dinding merupakan salah satu cara kreatif untuk memberikan informasi promosi tentang produk Anda. Namun yang perlu diperhatikan adalah kualitas melukis yang tidak semua orang miliki. Sangat disarankan menggunakan jasa pelukis profesional untuk menggambarkan informasi tentang promosi di suatu dinding.
  • Window Graphic: Selain signage konvensional di tembok, Anda juga dapat memberikan informasi produk Anda lewat window graphic. Signage jenis ini mengacu pada gambar, grafik, atau tipografi yang dicetak dari bahan vinyl dan ditempel ke kaca jendela tempat usaha.
  • Trade Show Display: contoh signage ini biasanya digunakan saat acara pameran atau exhibition. Bagian promosi produk di pampangkan pada bagian display booth exhibition, atau papan display di sekitaran booth untuk menarik perhatian audiens yang melewatinya.

Outdoor Signage

Outdoor signage adalah media iklan yang banyak digunakan dan sangat penting karena memiliki potensi menarik audiens yang sangat besar.

Apalagi, jika desain signage memiliki visual dan tagline yang menarik, orang-orang akan berpikir untuk mencari tahu lebih lanjut. Berikut ini beberapa contoh outdoor signage yang perlu Anda tahu:

  • Channel Letter: Contoh signage outdoor ini sangat penting bagi setiap pemilik usaha. Channel letter menyampaikan identitas sebuah usaha dengan huruf timbul yang dipasang di bagian luar bangunan.
  • Pylon Sign: Signage ini biasa terpasang di sisi bahu jalan untuk menunjukkan calon konsumen keberadaan suatu usaha di sisi pylon sign tersebut.
  • Monument Sign. Monument sign biasa digunakan oleh usaha properti, pusat perdagangan, atau usaha yang ingin menampilkan kesan elegan sekaligus informatif. Bentuknya cukup besar dengan model yang sangat bervariasi.
  • Awning: Penutup seperti kanopi ini bisa juga menjadi media branding. Kain awning bisa dipakai untuk menunjukkan nama dan logo dari sebuah toko atau restoran.

Lihat Juga: 14 Jenis Signage yang Perlu Anda Ketahui dan Cara Memilihnya

  • Flag: Kita mengenal contoh signage ini sebagai umbul-umbul. Media ini cukup efektif karena bisa digunakan dalam jumlah banyak dengan harga yang relatif terjangkau.
  • Banner: Contoh signage yang sering digunakan untuk acara-acara outdoor seperti pasar terbuka, atau UMKM yang berdagang di sisi jalan biasa disebut banner atau spanduk.
  • Vehicle Graphic: Signage vehicle graphic biasanya dipasang pada jendela atau bodi kendaraan sebagai media promosi dan iklan sebuah brand atau produk. 
  • Billboard: Billboard salah satu contoh signage yang terbesar dari contoh yang lain, karena billboards mempunyai dimensi yang besar sehingga pemasangan billboard dan penyewaan membutuhkan biaya yang besar juga.
  • Digital Display: contoh signage ini juga bisa ditempatkan di luar ruang. Contoh signage digital display bisa ditemukan di monitor raksasa di sisi jalan atau di pusat kota agar lebih banyak dilihat oleh audiens.

Contoh Signage untuk Inspirasi Kreatif

Berikut ini adalah beberapa contoh signage sebagai referensi Anda saat akan membuat desain signage untuk campaign marketing Anda.

Dibutuhkan kreatifitas dan update tentang tren agar isi konten signage tersebut menarik untuk dibaca dan mendorong calon konsumen untuk membeli produk Anda.

Baca Juga: Apa Itu Backlit Signage? Pengertian dan Tips Membuatnya

Contoh Signage Indoor

Salah satu contoh signage indoor ini digunakan pada suatu gedung exhibition hall dan berupa huruf timbul.

Bentuk logo tipografi yang simpel terlihat elegan sehingga mudah dilihat dari kejauhan. Ukurannya pun besar dan menonjolkan identitas dan brand dari tempat tersebut.

Contoh Signage - Signage Huruf Timbul Plaza

Image 1: Signage Huruf Timbul Pada Plaza

Baca Juga: Tips Pembuatan Huruf Timbul yang Menarik dan Berkualitas

Contoh Signage Outdoor

Sebuah standout outdoor sign yang terpasang di area jalanan umum ini menunjukkan sebuah layanan jasa fotografi dan videografi.

Desain sign ini dibuat seperti poster dengan perpaduan warna yang kontras agar menarik perhatian pejalan kaki yang melewatinya.

Contoh Signage - SIgnage Poster Jasa Foto

Image 2: Signage Poster Jasa Fotografi

Lebih Jauh: Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Memilih Signage untuk Bisnis Anda

Contoh Signage Digital

Digital signage bisa dipasang di dalam ataupun luar ruang dan menjadi tren marketing saat ini. Akhir-akhir ini ada banyak sekali instalasi signage digita yang inovatif dari seluruh dunia.

Berikut ini tiga contoh digital signage yang bisa Anda gunakan sebagai inspirasi saat mendesain signage:

Wall of Infinity (Nexen Tire, Seoul)

Bentuk layar digital simetris ini dapat diisi berbagai konten menakjubkan. Ia terletak di area pintu masuk dan keluar gedung riset Nexen Tire di Seoul dan menampilkan kesan layar yang tak terbatas.

Contoh Signage - Wall of Infinity di Gedung Riset Nexen Tire, Seoul

Image 3: Wall of Infinity di Gedung Riset Nexen Tire, Seoul

3D Video Wall (Sino-Ocean Taikoo Li, Chengdu)

Digital signage yang terletak di pusat perdagangan yang ramai sangat menarik perhatian pejalan kaki yang melewatinya.

Media dinding video 3D ini bisa diisi dengan konten promosi berbagai brand dengan desain yang super kreatif.

Contoh Signage - 3D Video Wall di Pusat Perdagangan Sino-Ocean Taikoo Li, Chengdu

Image 4: 3D Video Wall di Pusat Perdagangan Sino-Ocean Taikoo Li, Chengdu

3D Robotic Billboard (Coca Cola, New York)

Digital signage dari Coca Cola ini sangat out-of-the-box. Bagian yang membuat takjub adalah karena selain menampilkan konten promosi, digital billboard ini dapat bergerak sesuai konten yang ditampilkan.

Contoh SIgnage - 3D Robotic Billboard Coca Cola di New York

Image 5: 3D Robotic Billboard Coca Cola di New York

Tips Membuat Desain Signage yang Menghasilkan Engagement

Membuat desain untuk signage dapat dibilang susah-susah gampang. Namun, hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Berikut ini enam tips yang perlu Anda perhatikan agar signage Anda dapat menghasilkan engagement:

Pemilihan Kata yang Tepat

Menggunakan pemilihan kata yang tepat dalam desain signage dapat membantu meningkatkan nilai produk.

Selain itu, gunakan keyword yang dirasa merupakan ciri khas produk. Keyword dapat dimasukan ke dalam headline atau sub-headline signage.

Lebih Lanjut: Jasa Pembuatan Neon Sign Dewa Jasa Lasercut

Keseimbangan antara Estetika dan Fungsi

Menyeimbangkan estetika dan fungsionalitas signage sangat penting.

Desain estetik dapat memicu sisi emosional yang positif dan toleran terhadap desain. Sementara itu, fungsionalitas juga perlu untuk membuat produk atau brand sukses dikenal.

Memilih Material untuk Signage

Ada berbagai material yang dapat dipilih untuk signage, termasuk komposit aluminium, papan, busa, hingga akrilik. Di sini, Anda lebih baik berkonsultasi dengan jasa pembuatan signage profesional.

Bahan yang dipakai tergantung dari contoh signage yang akan dibuat dan tempat pemasangannya. Pastikan signage kompatibel di setiap ruangan yang akan dipasang.

Memastikan Visibilitas dan Keterbacaan

Visibilitas dan keterbacaan signage Anda penting sekali untuk dipertimbangkan.

Faktor-faktor seperti kombinasi warna dan kontras, tinggi huruf, ukuran signage, hingga penempatan harus diperhatikan agar efektif untuk penyampaian informasi.

Menunjukkan Identitas Brand Anda

Mengintegrasikan identitas brand ke signage juga tak kalah penting. Hal ini untuk menyampaikan pesan dan informasi nilai bisnis Anda kepada calon pelanggan.

Mulailah dengan menilai kembali apakah signage yang ingin dipasang sudah relevan dengan target pasar Anda.

Baca Juga: Signage Artinya: Memahami Pentingnya Signage dalam Bisnis dan Ruang Publik

Beradaptasi dengan Keterbatasan Ruang dan Tempat

Terkadang, meski sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, masih ada hambatan. Oleh karena itu, dibutuhkan adaptasi terutama untuk menghadapi masalah keterbatasan ruang dan tempat.

Agar Anda tidak perlu repot, serahkan saja urusan pembuatan dan pemasangan signage Anda ke penyedia jasa profesional yang sudah berpengalaman.

Banner DJL

Penutup

Itu dia ulasan detail tentang contoh signage sebagai inspirasi dalam memulai promosi. Dari desain brand, promosi, hingga proses pembuatan dan pemasangan signage semua sudah dibahas tuntas.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa informasi yang menarik, mudah diingat, dan tepat dengan segmen pasar produk akan menjadi nilai lebih untuk membuat brand mudah dikenal oleh banyak orang.