logo dewa jasa lasercut white color
Edit Content
Click on the Edit Content button to edit/add the content.

Signage Adalah: Manfaat dan Cara Memilihnya untuk Bisnis Anda

Signage adalah salah satu cara untuk menarik perhatian dan meningkatkan brand awareness Anda. Ketahui fungsi dan bagaimana cara memilih signage yang sesuai dengan bisnis Anda.

Daftar Isi

Signage adalah salah satu aspek penting dari komunikasi visual yang dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda.

Signage dapat memberikan informasi, arahan, promosi, identitas, dan interpretasi bagi pelanggan Anda. Tapi apa sebenarnya signage itu? Bagaimana cara memilih signage yang tepat untuk bisnis Anda? 

Dengan membaca artikel ini, Anda akan belajar segala hal yang perlu Anda ketahui tentang signage dan bagaimana signage dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.

Jadi, mari kita mulai!

Lihat Juga: Ingin Membuat Neon Sign di Bandung? Cek Dulu Artikel Ini!

banner pricelist

Pengertian Signage

Signage adalah istilah yang digunakan untuk menyebut segala bentuk tanda atau simbol yang dirancang untuk menyampaikan pesan tertentu. 

Biasanya, mereka digunakan untuk memberikan informasi, arahan, atau promosi kepada orang-orang yang melihatnya. Signage juga dapat berfungsi sebagai identitas atau ciri khasi bagi suatu tempat, produk, atau jasa.

Jadi, signage dapat ditemukan di dalam dan luar gedung, di jalan raya, di kendaraan, di perangkat elektronik, dan bahkan di udara!

Seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat, jenis media ini juga ikut berkembang.

Signage tidak hanya terbatas pada bentuk tulisan atau gambar statis, tetapi juga dapat berupa tampilan digital atau elektronik yang dinamis dan interaktif. 

Signage yang baik harus memiliki beberapa karakteristik, antara lain:

  • Mudah terbaca: Huruf, warna, dan ukuran yang digunakan harus mudah dibaca. Kontras antara latar belakang dan tulisan atau gambar juga mempengaruhi apakah sebuah signage mudah terbaca.
  • Jelas: Pesan yang disampaikan harus jelas dan tidak ambigu kepada orang-orang yang melihatnya. Konteks dan tujuan dari tempat atau produk yang dimunculkan harus mudah dimengerti.
  • Informatif: Informasi yang diberikan harus relevan dan bermanfaat bagi orang-orang yang melihatnya. Bahasa yang digunakan juga harus mudah dipahami.
  • Konsisten: Signage harus menggunakan gaya dan desain yang konsisten dengan identitas atau citra dari tempat atau produk yang ditandai.

Inspirasi: 7 Desain Signage Kreatif dan Efektif untuk Bisnis Anda

contoh signage yang baik

Image 1. Contoh Signage yang Baik (sumber)

Fungsi Signage

Signage memiliki banyak fungsi yang berbeda-beda tergantung pada tujuan dan konteksnya. Secara umum, fungsi signage adalah sebagai berikut:

Informasi

Signage dapat memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat kepada orang-orang yang melihatnya.

Misalnya, signage dapat memberitahu nama dan alamat suatu tempat, jam operasional suatu toko, harga suatu produk, dll.

Anda bisa menemukan fungsi ini di papan nama gedung, papan menu di restoran, papan harga di pasar, hingga papan informasi di tempat umum.

Arah

Signage bisa digunakan untuk memberikan arahan atau petunjuk kepada orang-orang yang melihatnya. 

Anda pasti sering melihat signage dengan tanda panah yang menunjukkan lokasi sebuah tempat. Itu adalah salah satu contohnya

Selain dapat menunjukkan lokasi suatu tempat, rute menuju suatu tujuan, signage juga dapat dipakai untuk menunjukkan prosedur suatu kegiatan.

Baca Juga: Pengertian Wayfinding Signage, Manfaat, dan Contohnya

fungsi petunjuk arah

Image 2. Fungsi Signage Untuk Petunjuk Arah (sumber)

Promosi

Satu fungsi pentingnya signage adalah sebagai sarana promosi atau iklan.

Jadi, signage dapat menawarkan produk atau layanan tertentu, memberikan diskon atau penawaran khusus, mengundang orang untuk mengikuti suatu acara, dll.

Anda bisa melihat fungsi signage sebagai alat promosi lewat spanduk di toko, neon box di mall, billboard di jalan raya, hingga videotron yang ada di gedung.

Contohnya, signage board dapat menjadi media yang efektif untuk menarik perhatian orang yang melihatnya, terutama jika signage board memiliki desain yang menarik, unik, dan kreatif.

Identitas

Identitas atau brand image sebuah produk atau perusahaan juga bisa ditonjolkan melalui signage kepada orang-orang yang melihatnya. 

Contoh yang paling sering kita temui adalah plang nama toko, logo perusahaan di gedung kantor, hingga lambang negara di instansi pemerintahan.

Maka, Anda dapat menunjukkan nama dan logo brand Anda, atau visi dan misi perusahaan Anda dengan signage.

Interpretasi

Fungsi lain sebuah signage adalah memberikan interpretasi atau penjelasan kepada orang-orang yang melihatnya.

Misalnya, signage dapat menjelaskan sejarah atau latar belakang suatu tempat, makna atau simbolisme suatu objek, fakta atau data ilmiah suatu fenomena, dan lain sebagainya.

Kita bisa menemukan fungsi interpretasi ini di papan diorama di museum, papan edukasi di kebun binatang, atau papan statistik di pusat penelitian.

Lihat Juga: 14 Jenis Signage yang Perlu Anda Ketahui dan Cara Memilihnya

Mengapa Anda Membutuhkan Signage untuk Bisnis Anda

Signage bukan hanya sekadar tanda atau simbol yang dipasang di tempat usaha Anda. Signage adalah representasi brand, alat pemasaran, dan media komunikasi Anda. 

Dengan menggunakan signage yang baik, Anda dapat menunjukkan identitas dan citra bisnis Anda kepada pelanggan dan calon pelanggan Anda. Anda juga dapat menawarkan produk atau layanan Anda dengan cara yang menarik dan persuasif.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan informasi atau arahan yang bermanfaat bagi pelanggan dan calon pelanggan Anda.

Signage memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda, antara lain:

Baca Juga: Apa Itu Backlit Signage? Pengertian dan Tips Membuatnya

Meningkatkan Brand Exposure

Signage dapat membuat brand Anda lebih dikenal dan diingat oleh orang-orang yang melihatnya.

Citra positif dan profesional bagi brand Anda dapat ditonjolkan dengan signage yang tepat. Ia juga dapat membedakan brand Anda dari kompetitor Anda.

Menarik Perhatian

Signage dapat menarik perhatian orang-orang yang melihatnya dengan menggunakan desain yang menarik dan kreatif.

Jika orang-orang penasaran, tentu mereka akan tertarik untuk mengunjungi tempat usaha Anda. Signage juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian orang-orang dengan menggunakan pesan yang persuasif dan menguntungkan.

Meningkatkan Komunikasi

Signage dapat meningkatkan komunikasi dengan pelanggan Anda. Anda dapat memberikan nformasi yang jelas dan lengkap tentang produk atau layanan Anda melalui signage.

Namun, tentu bahasa yang digunakan harus mudah dipahami dan sesuai dengan target pasar Anda.

Anda juga bisa meminta feedback atau respon dari pelanggan Anda lewat signage interaktif dengan fitur QR code atau touchscreen.

Baca Juga: Panduan Komprehensif Tentang Contoh Signage: Tips & Inspirasi

signage adalah - pemakaian untuk bisnis

Image 3. Signage Untuk Bisnis (sumber)

Signage Adalah Alat Pemasaran yang Efektif dan Hemat Biaya

Signage tergolong efektif karena dapat menyampaikan pesan Anda secara langsung dan cepat kepada orang-orang yang melihatnya.

Sebagai media marketing, signage juga hemat biaya karena dapat bertahan lama dan tidak memerlukan biaya perawatan yang tinggi.

Tidak hanya itu, signage dapat mendukung strategi marketing Anda via media sosial, website, atau brosur.

Beberapa jenis signage yang bisa meningkatkan bisnis atau tempat usaha Anda adalah:

  • Board signage: Jenis signage ini tampil dengan bentuk alas yang beragam, misalnya lingkaran, persegi, segitiga, dan sebagainya. Board signage ini cocok untuk menampilkan nama merek atau nama tempat dengan jelas dan mudah dibaca.
  • Neon box signage: Signage ini tampil dengan lampu neon berwarna-warni yang bercahaya di malam hari. Neon box cocok untuk menarik perhatian orang-orang yang lewat dengan warna-warna cerah dan menyala.
  • LED signage: LED Signage ini tampil dengan tampilan digital atau elektronik yang dinamis dan interaktif. Jika ingin  menampilkan informasi atau promosi yang berubah-ubah sesuai dengan waktu atau situasi, signage inilah yang Anda butuhkan. Anda juga bisa menampillan video brand Anda dengan menarik.

Inspirasi: Desain Neon Box: Panduan Membuat Neon Box yang Menakjubkan dan Trendi untuk Ruangan Anda

Cara Memilih Signage yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Signage adalah media dengan banyak manfaat bagi bisnis Anda. Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda harus memilih signage yang sesuai dengan bisnis Anda. 

Berikut ini adalah beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih signage yang sesuai dengan bisnis Anda:

  • Tujuan: Apakah Anda ingin memberikan informasi, arahan, promosi, identitas, atau interpretasi? Tujuan Anda akan menentukan jenis, desain, dan pesan dari signage yang Anda pilih.
  • Target Pasar: Siapa saja orang-orang yang akan melihat signage Anda? Apa kebutuhan, preferensi, dan harapan mereka? Target pasar Anda akan menentukan warna, bentuk, ukuran signage, dan bahasa dari signage yang Anda pilih.
  • Pesan: Apa saja informasi, arahan, promosi, identitas, atau interpretasi yang ingin Anda berikan? Pesan Anda harus jelas, singkat, dan mudah dipahami oleh target pasar Anda.
  • Budget: Berapa banyak uang yang bisa Anda keluarkan untuk signage? Budget Anda akan menentukan bahan, teknologi, dan kualitas dari signage yang Anda pilih.

signage adalah - memilih yang sesuai

Image 4. Memilih Signage yang Sesuai (sumber)

Baca Juga: Huruf Timbul Kayu, Solusi Signage dan Dekorasi yang Unik

Selain mempertimbangkan faktor-faktor di atas, berikut ini adalah beberapa tips dan saran dalam memilih signage yang sesuai dengan bisnis Anda:

Lakukan Riset Kompetitor

Sebelum memilih signage sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu tentang signage yang digunakan oleh kompetitor atau bisnis sejenis.

Apa saja kelebihan dan kekurangan dari signage mereka? Bagaimana respon target pasar terhadap signage mereka?

Dengan melakukan riset kompetitor, Anda bisa mendapatkan inspirasi dan referensi untuk membuat signage yang lebih baik dan berbeda dari kompetitor.

Ikuti Tren Desain Terkini

Dalam memilih signage untuk bisnis Anda, sebaiknya Anda mengikuti tren desain yang sedang populer dan diminati oleh target pasar.

Apa saja warna, bentuk, font, gambar, atau simbol yang sedang tren saat ini? Bagaimana cara mengaplikasikannya pada signage?

Jika mengikuti tren desain terkini yang sesuai dengan target pasar, Anda bisa membuat signage yang lebih menarik dan relevan dengan zaman

Uji Efektivitas Signage Anda

Setelah memilih signage untuk bisnis Anda, uji dulu efektivitasnya sebelum memasangnya di tempat usaha. Bagaimana cara mengujinya?

Anda bisa mencoba melihat signage dari jarak dan sudut pandang yang berbeda-beda. Apakah signage masih terlihat jelas dan mudah dibaca? Apakah signage mampu menarik perhatian dan menyampaikan pesan dengan baik? Apakah ada hal-hal yang perlu diperbaiki atau ditambahkan?

Dengan melakukan ini sebelum memasang signage, Anda bisa memastikan bahwa signage sudah siap untuk digunakan.

Lebih Lanjut: Jasa Pembuatan Signage Dewa Jasa Lasercut

Banner DJL

Kesimpulan

Sebagai sebuah media komunikasi visual, signage adalah salah satu cara untuk menarik perhatian dan meningkatkan brand awareness Anda. Signage juga dapat menjadi alat pemasaran yang efektif dan hemat biaya bagi bisnis Anda.

Untuk membuat signage yang baik, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti tujuan, target pasar, pesan, dan budget. Anda juga harus mengikuti beberapa tips dan saran, seperti melakukan riset kompetitor, mengikuti tren desain, dan menguji efektivitas signage.

Jika Anda tertarik untuk membuat signage dengan lasercut yang profesional dan berkualitas, Dewa Jasa Lasercut (DJL) hadir untuk Anda.

Kami adalah penyedia jasa lasercut dan jasa interior artwork yang terpercaya dan berpengalaman. Jasa pembuatan signage kami dapat membantu Anda membuat signage sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Kami siap melayani Anda dengan ramah dan profesional. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami tentang signage yang ingin Anda buat.