Pelajari manfaat UV print untuk reklame dan lihat contoh inspiratif yang bisa membantu bisnis Anda bersinar!
Gambar 1: inspirasi contoh UV print reklame (sumber)
Sebagai salah satu media promosi, reklame harus menarik perhatian, baik dari tagline maupun visualnya. Maka, kami berikan beberapa inspirasi contoh UV print reklame untuk Anda.
Print UV sendiri adalah sistem percetakan menggunakan mesin cetak bertinta UV LED dan sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet ini dipancarkan bersamaan dengan proses pencetakan, sehingga tinta lebih cepat kering.
Sinar UV juga membuat hasil cetakan lebih cerah, melekat sempurna di atas bahan cetak, dengan warna-warni lebih vibrant dan indah. Menjadikan reklame Anda jauh lebih menarik.
Dengan UV print, Anda dapat memproduksi beraneka jenis reklame cetak. Mulai dari standing banner, signage, spanduk, flyer, hingga booth untuk pameran.
Bahkan Anda bisa mencetak aneka souvenir dan merchandise, seperti mug, tumbler, phone case, agenda, dll.
Artikel ini akan mengajak Anda berkenalan lebih jauh dengan UV print sekaligus memberi inspirasi contoh UV print reklame.
Kenali juga bagaimana langkah membuat reklame UV print dan tips agar reklame Anda efektif dalam menarik pelanggan baru.
Proses Desain UV Print Reklame
Pembuatan reklame menggunakan UV print dimulai dengan proses membuat desain. Pilihan software, format file, dan besarnya resolusi gambar sangat menentukan hasil cetakan.
Memilih Software Desain yang Tepat
Mesin UV printing bekerja dengan sistem komputerisasi. Artinya Anda membuat dulu desain gambar yang diinginkan di software desainer, lalu menginput datanya ke mesin untuk dicetak.
Secara umum, kurang lebih sama dengan cara mengeprint dokumen menggunakan mesin print biasa.
Salah satu kunci desain yang ciamik adalah pemilihan perangkat lunak desainer yang tepat. Sebaiknya perangkat lunak tersebut mudah digunakan, kompatibel dengan beragam perangkat, dan memiliki elemen lengkap.
Photoshop dan Corel Draw masih menjadi perangkat pilihan kebanyakan desainer profesional. Jika ingin yang lebih user friendly, Anda bisa menggunakan Canva dan Pixellab.
Beberapa software juga sudah menyediakan fitur kecerdasan buatan untuk mempermudah proses designing. Sebut saja Adobe Express dan Adobe Firefly, serta Canva AI.
Format File dan Resolusi yang Dibutuhkan
Desain grafis memiliki berbagai jenis format file, beberapa diantaranya adalah:
- JPEG/JPG: singkatan dari Joint Photographic Experts Group, untuk menyimpan gambar berkualitas tinggi dengan ukuran kecil dan banyak detail warna.
- PNG: Portable Network Graphics, untuk menyimpan gambar tanpa latar belakang. Misalnya logo.
- GIF: format untuk gambar dengan sedikit warna, animasi sederhana, atau tanpa latar belakang.
- TIFF/TIF: format untuk gambar berkualitas tinggi tanpa kompresi. Umum digunakan di dunia penerbitan dan percetakan.
- SVG: format gambar vektor untuk program seperti Adobe Illustrator. Gambar SVG tidak kehilangan kualitas saat ukurannya diubah.
- EPS: format vektor yang terdiri dari garis dan kurva, bukan piksel. Sangat pas untuk ilustrasi, logo, dan foto. Biasanya dipakai untuk percetakan profesional dengan kualitas tinggi.
Mesin UV print bisa menerima hampir semua format file di atas, tetapi sangat disarankan memilih format PNG, TIFF/TIF, atau EPS. Jika ingin menggunakan file JPG, lebih baik ambil gambar dengan kamera DSLR.
Untuk resolusi, akan sangat tergantung pada besarnya hasil cetakan yang Anda inginkan. Cetakan kecil cukup dengan resolusi 300 DPI. Tetapi reklame besar seperti baliho dan billboard membutuhkan resolusi besar, antara 1200 DPI hingga 1800 DPI.
Resolusi yang terlalu kecil mengakibatkan gambar blur, font tidak terbaca, dan warna tidak maksimal.
Tips Membuat Desain yang Menarik dan Efektif
Cobalah aplikasikan beberapa tips di bawah ini untuk hasil desain yang menarik dan efektif.
- Gunakan warna CMYK atau Cyan, Magenta, Yellow, dan Black agar hasil warna cetakan lebih bervariasi dan vibrant.
- Gunakan format TIFF atau EPS terutama untuk cetakan berukuran besar.
- Untuk logo dan desain grafis, Anda bisa memakai software apapun untuk pembuatannya, asalkan resolusinya cukup tinggi
- Untuk foto, lebih baik ambil dengan kamera daripada menyalin dari web di internet.
Langkah-langkah Pencetakan UV untuk Reklame
Secara umum, berikut adalah langkah-langkah pencetakan UV print untuk reklame.
Persiapan Media Reklame
Langkah pertama adalah persiapan media reklame. Setelah menentukan jenis reklame yang akan dibuat, selanjutnya adalah memilih bahan baku dan pelengkap.
Bahan kanvas dan polyester adalah bahan yang umum untuk spanduk, umbul-umbul, atau billboard. Sementara souvenir dapat terbuat dari bahan yang lebih luas, termasuk akrilik dan kayu.
Untuk pesanan berukuran besar, mungkin percetakan akan mencetak dengan metode pisah sambung, agar gambar tetap prima.
Pengaturan Printer UV dan Proses Cetak
Printer UV memiliki bidang kerja cukup luas, hingga 90 cm. Sehingga perlu pengaturan lebih lanjut untuk posisi bahan cetaknya.
Setelah desain selesai dan diinput ke dalam mesin, lakukan print set up dengan memilih ukuran bahan, margin, jenis pewarnaan, dll.
Pemeriksaan Kualitas dan Penyelesaian
Tinta dari printer UV akan langsung kering karena panas dari sinar ultraviolet. Daya lekatnya juga lebih kuat daripada printer percetakan biasa seperti DTF atau sablon.
Namun, setelah pencetakan selesai ada baiknya Anda tetap memeriksa kualitasnya. Pastikan semua bagian cetakan sesuai, tidak terpotong atau keluar dari margin.
Untuk beberapa bahan reklame seperti signage dari akrilik, harus dilapisi dengan top coat paint agar lebih tahan lama.
Inspirasi Desain untuk UV Print Reklame
Setelah mengenal apa itu UV print untuk promosi dan bagaimana membuatnya, di bawah ini adalah beberapa inspirasi contoh UV print reklame untuk Anda.
Reklame untuk Promosi Bisnis
Gambar 2: inspirasi contoh UV print reklame (sumber)
Promosi bisnis dapat berupa promosi program terbaru, brand perusahaan, maupun produknya. Promosi ini sangat luas cakupannya, menggunakan produk reklame yang beragam juga.
Souvenir, spanduk, umbul-umbul, billboard adalah beberapa jenis promosi bisnis. Anda juga bisa mencetak stiker kendaraan menggunakan UV print.
Reklame untuk Event dan Pameran
Gambar 3: inspirasi contoh UV print reklame (sumber)
Pameran adalah cara cerdas mempromosikan produk dan program terbaru perusahaan Anda, sekaligus bertemu langsung dengan calon pelanggan dan rekanan.
Untuk booth pameran, biasanya terbuat dari spanduk besar dengan rangka kayu atau aluminium yang bisa dibongkar pasang.
Kecerahan warna spanduk akan jauh lebih memikat dengan UV print.
Reklame Jalanan dan Billboard
Gambar 4: inspirasi contoh UV print reklame (sumber)
Sebagai produk reklame super besar yang dilihat dari kejauhan, biillboard harus tampil jelas, memikat, mudah dibaca dan dimengerti audiens.
Penggunaan UV print akan menghasilkan cetakan berkualitas tinggi baik pada gambar maupun font. Billboard Anda pun akan lebih efektif.
Reklame dalam Ruangan dan Pusat Perbelanjaan
Gambar 5: inspirasi contoh UV print reklame (sumber)
Salah satu tantangan media reklame di pusat perbelanjaan adalah latar tempat yang ramai, penuh cahaya dan warna, serta beragamnya pengunjung.
Tagline yang tepat, serta bentuk reklame yang mencolok adalah kunci agar menarik perhatian. WArna-wana vibrant dan bold dari hasil print UV akan membantu media Anda tampil beda.
FAQ tentang UV Print Reklame
Sebelum melangkah lebih jauh, mungkin Anda memiliki beberapa pertanyaan terkait inspirasi contoh UV print reklame. Beberapa diantaranya kami sajikan di bawah ini.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencetak reklame besar?
Lamanya waktu pencetakan reklame besar tergantung pada ukuran reklame, kerumitan gambar dan desain, serta bahan yang digunakan.
Umumnya, waktu dari tahap desain hingga finishing adalah sekitar 3-7 hari, termasuk pemasangan rangka jika dibutuhkan.
Apakah warna akan cepat pudar jika terpapar sinar matahari langsung?
Tentu tidak. Hasil cetakan UV print justru akan terlihat lebih cerah dan mencolok di bawah sinar matahari. Warna juga tidak mudah pudar, luntur, atau terkelupas bahkan jika tergesek atau terendam air.
Bagaimana cara membersihkan reklame dengan UV print?
Cara membersihkan reklame adalah dengan rutin mengelap dengan kemoceng atau lap microfiber untuk mengenyahkan debu.
Untuk reklame besar seperti billboard atau pylon signage, dapat bertahan tanpa proses pembersihan berarti hingga 2-3 tahun. Karena memang didesain untuk luar uangan.
Kesimpulan
Inspirasi contoh UV print reklame akan sangat efektif sebagai media promosi karena hasil cetak yang cerah, lebih vibrant, dan tahan lama.
Warna cetakan juga tidak akan pudar atau luntur bahkan hingga hitungan tahun. Dengan format file dan resolusi yang tepat, gambar dan font akan lebih jelas terlihat audiens.
Selain itu, memilih percetakan profesional juga merupakan salah satu tips agar reklame dapat dicetak semaksimal mungkin.
Anda dapat melihat profesionalisme dan kualitas kerja percetakan mulai dari proses desain, konsultasi, hingga pemasangan.
Bagaimana, siap mencetak media reklame Anda sekarang? Hubungi customer service Dewa Jasa Lasercut untuk konsultasi dan penawaran menarik khusus untuk Anda.
Dapatkan jasa UV print reklame terbaik serta berbagai saran lainnya dari desainer profesional kami agar promosi Anda lebih efektif.