logo dewa jasa lasercut white color
Edit Content
Click on the Edit Content button to edit/add the content.

Panduan Lengkap Teknologi UV Direct Printing untuk Hasil Cetak Superior

Daftar Isi

Pelajari teknologi UV direct printing, dari proses hingga aplikasinya. Dapatkan hasil cetak superior dengan teknik ini!

Teknologi UV Direct Printing

Gambar 1: UV direct printing (sumber)

Fokus mendapatkan hasil cetak superior dapat Anda wujudkan menggunakan teknologi UV direct printing. Percetakan UV jenis ini merupakan proses cetak langsung ke objek sehingga menghadirkan fleksibilitas. Banyak keunggulan yang dihadirkan dari teknik langsung percetakan dan menguntungkan pemilik bisnis.

Apa Itu UV Direct Printing?

UV printing process merupakan jenis percetakan digital yang menggunakan sinar ultraviolet guna mengeringkan tinta secara langsung pada permukaan material. Proses pencetakan komersial ini menghadirkan kualitas gambar yang lebih tinggi daripada metode percetakan lainnya.

Pemilik bisnis percetakan banyak yang tertarik menggunakan metode ini karena produksi akan lebih cepat. Sebab, pengeringan tinta dilakukan secara instan.Kemampuan mencetak secara langsung bisa digunakan pada berbagai macam bahan, sehingga lebih fleksibel.

Peralatan direct to substrate printing beroperasi menciptakan reaksi kimia karena penggunaan sinar UV yang kuat. Tinta akan didistribusikan melalui bahan substrat melalui pancaran, sehingga langsung menempel. Walaupun mampu hasilnya bisa didapatkan secara instan, namun tetap memuaskan.

Bahkan versi terbarunya mampu mengkombinasikan pencetakan UV dan 3D. Hasil tersebut didapatkan dari menggunakan berlapis-lapis tinta yang disusun satu sama lain, sehingga menciptakan tekstur tegas.

Sejarah Singkat dan Perkembangan Teknologi UV Direct Printing

Peran teknologi mesin digital printing telah merubah cara orang menghasilkan karya kreatif. Berkat bantuan dari mesin cetak digital yang dipersonalisasi, sehingga membantu mencetak dalam jumlah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Pemilik bisnis percetakan tidak perlu memproduksi pelat yang jauh lebih mahal dan tidak efektif jika mencetak dalam jumlah sedikit. Kelebihan yang dihasilkan dari perkembangan teknologi mesin digital printing memungkinkan pemilik bisnis melayani pelanggan baik untuk korporasi maupun individu.

Hadirnya UV direct printing menghadirkan kecepatan dan efisiensi. Namun sebelum itu, mesin digital printing mengalami perkembangan secara signifikan. Isu lingkungan berkaitan dengan akibat penggunaan tinta tradisional menjadi kekhawatiran besar dalam industri percetakan.

Tinta pada industrial printing terdahulu melepaskan VOC sehingga menyebabkan polusi udara dan sulit untuk didaur ulang. Oleh karena itu, industri percetakan berinovasi dengan menghadirkan tinta ramah lingkungan berbahan dasar air. Tinta tersebut lebih aman bagi lingkungan serta rendah emisi.

Teknik UV direct printing tidak lagi membutuhkan pelat cetak. Sebab, pelat termasuk limbah. Pelat baru akan dibuat setiap terjadi perubahan pada desain kemasan. Hal tersebut akan menyebabkan banyak bahan yang terbuang sia-sia. Kini, mesin cetak beresolusi tinggi menjadi incaran pemilik bisnis.

Faktanya, penggunaan mesin cetak dengan resolusi tinggi akan memudahkan desainer membuat karya yang terbilang rumit. Hasil cetakan berkualitas dengan gambar dan warna cerah menjadi perhatian utama. UV printing flatbed merupakan teknologi percetakan canggih perpaduan dari digital printing dengan sinar UV.

UV direct printing merupakan teknologi percetakan canggih menggunakan tinta cair berpadu dengan pancaran sinar UV. Hasilnya tentu akan menciptakan hasil cetakan lebih tajam dan tidak mudah mengelupas.

Teknologi dan Proses UV Direct Printing

Mesin dengan teknologi UV curing technology merupakan solusi sempurna untuk mereka yang menginginkan hasil cetak terbaik. Jika Anda ingin sukses menjalankan bisnis percetakan, simak cara kerjanya berikut ini:

Bagaimana UV Direct Printing Bekerja?

tahap UV Direct Printing

Gambar 2: UV direct printing (sumber)

Proses pencetakan menggunakan mesin direct printing hasilnya sangat memuaskan. Kualitas tinggi yang dihasilkan tidak bisa Anda temukan pada mesin lainnya. Lalu, bagaimana cara kerja UV direct printing menghasilkan warna yang tajam?

Proses Penyinaran dan Pengeringan Menggunakan Sinar UV

Untuk mencetak logo pada bahan yang tidak rata, maka harus saat proses cetak harus diperhatikan. Ukuran kecil memiliki bidang print 60 x 90 cm. 

Tinta yang digunakan yaitu jenis akrilik momoners agar lebih cepat kering. Proses penyinaran memiliki peranan besar pada penggunaan jenis mesin ini.Hadirnya paparan sinar UV dengan gelombang 100 hingga 400 nanometer membuat tinta cepat kering.

Penggunaan Tinta Khusus untuk UV Printing

Untuk menghadirkan custom printing solution, Anda perlu mesin yang berkualitas. Semakin baik Anda melayani custom printing akan banyak mengundang klien dari skala kecil hingga perusahaan. Keunggulan dari mesin printing jenis ini yaitu pada penggunaan tinta khusus.

Hasil cetak berkualitas tinggi akan menghadirkan karya yang lebih kaya dengan tingkat kecerahan tinggi. Bahkan setelah Anda mencetaknya bisa langsung dipegang walaupun kondisi tangan basah. Menariknya, hasil cetakan tidak meluber, sehingga jaminan klien puas lebih tinggi.

Tinta pada UV direct printing yang langsung dikonsumsi selama proses percetakan membuat prose produksi lebih banyak. Kecepatan pun akan terpenuhi karena tinta lekas mengering. Ketahanan tinta menjadi faktor penting untuk menarik lebih banyak klien.

Teknologi Printer yang Digunakan

High definition printing melibatkan pencetakan gambar berperekat tipis. Film tersebut kemudian diaplikasikan kepada media. Proses tersebut melibatkan teknologi terbaik untuk mempertahankan permukaan melengkung. Teknologi printer terbaik yang ditawarkan menggunakan kepala cetak yang berfungsi untuk menyemprotkan tinta.

Alat terbaik akan memberikan kendali terbaik untuk kerapatan warna, kualitas cetak dan hasil akhir sempurna. Selain itu, dukungan lampu LED tahan lama, hemat energi hingga hemat biaya. Suhu rendah pada mesin UV direct printing memungkinkan pemilik bisnis mencetak pada bahan yang sensitif.

Bahan dan Media yang Dapat Digunakan

Nyaris semua bahan bisa dikerjakan menggunakan jenis mesin ini. Hasilnya jauh berbeda dibandingkan menggunakan teknik sablon atau offset karena bekerja pada bahan yang terbahas.

Material non Porous

Jika ingin memimpin bisnis bidang percetakan, maka menggunakan teknologi UV direct printing menjadi solusi terbaik. Sebab, jenis mesin ini mampu mencetak pada material non pori. Dalam artian bahan tersebut tidak memungkinkan cairan terserap.

Printing on non-porous-surfaces mencakup pada bahan-bahan berikut ini:

  • Logam
  • Kaca
  • Plastik
  • Mineral kristal yang tidak memiliki pori-pori secara alami.

Penggunaan pada Material Kaca, Logam, Plastik

Anda bisa mencetak di atas mug, tumbler dari bahan stainless atau gelas alumunium. Desain logo akan lebih artistik menggunakan metode print durability and quality. Tidak menutup kemungkinan pemilik bisnis percetakan melayani cetak pada bahan akrilik dan kaca.

Produk artistik dan hiasan dapat dicetak menggunakan mesin berteknologi UV direct printing. Terlebih jika pemotongannya menggunakan mesin laser cutting yang menghasilkan potongan halus dan lebih rapi.

Bisnis printing semakin berkembang ketika Anda bisa melayani percetakan pada bahan plastik, seperti board game, elemen dekorasi, atau lanyard.

Pengaturan dan Parameter Penting dalam UV Direct Printing

Pengaturan serta parameter merupakan hal penting saat menggunakan teknologi printing langsung menggunakan sinar UV.

Pengaturan Kecepatan Cetak

Perbedaan ukuran dan spesifikasi mesin yang Anda gunakan akan mempengaruhi kemampuan cetak.Kecepatan cetak UV direct printing antara 10 hingga 30 meter persegi setiap jamnya. Untuk ukuran mesin yang lebih besar, maka kecepatannya akan lebih tinggi.

Resolusi dan Kualitas Cetak

Mesin dengan teknologi direct printing mampu mencetak resolusi 600 hingga 2400 dpi. Untuk menghasilkan cetakan beresolusi tinggi, maka mesin bekerja lebih lama.

Keunggulan dan Kelebihan UV Direct Printing

UV printing dengan sistem langsung merupakan teknik cetak dengan keunggulan paling tinggi jika dibandingkan teknik lainnya. Berikut ini keunggulan dan kelebihan yang akan membuat pemilik bisnis percetakan mendulang keuntungan:

Kualitas Cetak Tinggi

Hasil mencetak menggunakan UV printing flatbed menghadirkan warna lebih kaya dengan tingkat kecerahan tinggi. Warna yang dihasilkan dalam cetakan juga tidak mudah terkelupas dan memudar. Peranan sinar UV yang tahan cuaca menjadi pelapis sekaligus penambah vibrasi pada hasil cetakan.

Kecepatan dan Efisiensi Proses Produksi

Penggunaan UV direct printing membuat proses cetak menjadi lebih cepat. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap hasil kerja yang lebih banyak, sehingga turut meningkatkan proses produksi. Semakin cepat proses produksi, maka bahan promosi bisa selesai lebih cepat.

Keunggulan Lingkungan

Eco friendly printing solution menyatu dengan teknologi pada mesin cetak direct printing. Berkat pengeringan super cepat, sehingga tinta tidak akan menguap di udara dan tanpa menimbulkan bau menyengat. Mesin ini pun tidak mengeluarkan residu VOC yang berpotensi menyumbang merusak kesehatan paru.

Selain itu, tidak ada limbah tinta cair dengan kandungan merkuri yang bisa mencemari perairan sekitarnya.

UV printing dengan sistem langsung merupakan teknik cetak dengan keunggulan paling tinggi jika dibandingkan teknik lainnya. Berikut ini keunggulan dan kelebihan yang akan membuat pemilik bisnis percetakan mendulang keuntungan:

Aplikasi dan Industri yang Memanfaatkan UV Direct Printing

Keunggulan yang tersemat pada teknologi UV direct printing membuat pemilik bisnis bisa mengaplikasikan pada berbagai industri. Kesempatan mendapatkan klien di berbagai industri pun akan mendatangkan banyak keuntungan. Berikut ini beberapa industri yang memerlukan percetakan dengan teknologi direct printing:

Percetakan Industri dan Manufaktur

Percetakan Industri dan Manufaktur uv direct printing

Gambar 3: UV direct printing (sumber)

Setiap produk memerlukan direct printing untuk membubuhkan merek, tidak terkecuali industri dan manufaktur. Gantungan kunci, hiasan kecil berbahan kayu sangat mudah dicetak menggunakan teknologi ini. Bahkan untuk kayu dengan ukuran besar hingga kecil pun mampu dikover dengan mesin ini.

Produk Konsumen dan Barang Custom

uv direct printing pada produk konsumen

Gambar 4: UV direct printing (sumber)

Permintaan barang-barang custom terus meningkat terutama perusahaan yang memproduksi barang dalam skala besar. Seperti mug, UV printing untuk tumbler, jam dinding, maupun merchandise lainnya. Sebab, kecepatan yang dihadirkan oleh UV direct printing mampu menghasilkan barang custom lebih banyak.

Sektor Periklanan dan Promosi

direct printing pada periklanan

Gambar 5: UV direct printing (sumber)

Sektor periklanan dan promosi merupakan klien yang berpotensi besar menggunakan jasa percetakan. Untuk mengimbangi kecepatan yang dinomorsatukan di sektor periklanan dan promosi, penggunaan direct printing menjadi pilihan terbaik.

Penggunaan di Industri Elektronik dan Otomotif

Penggunaan uv printing di Industri Elektronik dan Otomotif

Gambar 6: UV direct printing (sumber)

Untuk menjadi produk menonjol di sektor elektronik dan otomotif, tentu logo perusahaan harus dibuat unik. Penggunaan teknologi ini akan membuat warna logo perusahaan mencolok dan menarik minat pembeli.

Desain Interior dan Produk Dekorasi

uv direct printing

Gambar 7: UV direct printing (sumber)

Penerapan warna menarik dan rata sangat berpengaruh pada desain interior dan produk dekorasi. Hadirnya teknologi UV direct printing membawa angin segar pelaku industri desain interior dan produk dekorasi untuk menghadirkan produk unik dan menarik.

Baca juga : UV Printing Roll Adalah: Panduan Lengkap UV Printing Roll to Roll

UV Direct Printing vs Teknik Pencetakan Lainnya

Anda tidak akan menemukan keunggulan direct printing tanpa membandingkannya dengan teknik pencetakan lainnya. Berikut beberapa perbandingan yang akan menjelaskan keunggulan dari direct printing:

Perbandingan dengan Pencetakan Offset

Printer UV flatbed yang digunakan pada teknik direct printing mampu mencetak gambar langsung ke media. Proses ini lebih efisien bahkan bisa bekerja dengan baik pada permukaan yang kaku. Produk melengkung seperti mug dan botol pun dengan mudah dicetak menggunakan mesin ini.

Sedangkan percetakan offset terbatas pada permukaan yang datar saja.

Perbandingan dengan Digital Printing

UV direct printing mampu menghadirkan desain yang lebih mendetail dengan persebaran warna merata. Hal ini berbanding terbalik dengan penggunaan digital printing yang kurang detail.

Mengapa Memilih UV Direct Printing?

Ketika Anda menjalankan bisnis percetakan, maka biaya pembelian peralatan harus dipertimbangkan secara teliti. Alasan mengapa metode direct printing menjadi pilihan terbaik karena biayanya lebih rendah daripada metode lainnya.

Teknik ini akan langsung mencetak ke substrat, sehingga tidak memerlukan material tambahan. Print of demand akan membantu Anda bisa mengembangkannya untuk hal lain. Selain itu, penggunaan teknologi ini akan menghemat konsumsi energi. Lampu LED dilengkapi dengan kontrol variabel jauh lebih praktis.

Contoh Kasus Penggunaan UV Direct Printing

Produk tekstil tengah dihantam krisis karena persaingan usaha yang ketat. Mesin UV direct printing menjadi pilihan fleksibel karena mampu mencetak di berbagai media termasuk tekstil. Produk tekstil dengan hasil print yang lebih cerah akan meningkatkan daya jual.

Selain itu, hasil print juga tidak mudah terkelupas ketika sering dicuci atau disetrika, sehingga warna lebih awet. Tentunya hal tersebut menjadi keunggulan utama dari produk tekstil Anda, sehingga bisa memenangkan persaingan ketat. Secara tidak langsung, akan meningkatkan jumlah penjualan.

Tantangan dan Pertimbangan dalam UV Direct Printing

Selain memiliki segudang kelebihan, pemilik bisnis percetakan juga harus mempertimbangkan kekurangan UV direct printing. Mempelajari apa saja kekurangannya akan membantu Anda menemukan solusi terbaik.

Kesulitan Teknis dan Cara Mengatasinya

Akurasi warna pada mesin cetak ini tergantung pada pengaturan ICC. Sehingga Anda harus memperhatikan dan melakukan pengecekan secara rutin. Selain itu, pemilihan warna harus Anda putuskan secara hati-hati. Sebab atau teknik langsung menyemprotkan tinta akan sangat berisiko.

Biaya dan Investasi yang Dibutuhkan

Tantangan selanjutnya terletak pada biaya. Mesin direct printing harganya cenderung lebih tinggi dibanding mesin offside. Namun, Anda bisa menghemat beberapa hal dan memberi hasil akhir lebih baik ketimbang menggunakan jenis mesin lainnya. Untuk memberi harga tinggi di awal tidak akan menjadi masalah.

Perawatan dan Pemeliharaan Peralatan

Agar umur pakai UV direct printing lebih panjang, maka pemilik percetakan harus memperhatikan perawatan. Selain itu, jaga mesin jangan sampai terkena sinar matahari langsung dan air.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Melihat proses kerjanya, teknologi pada mesin percetakan ini akan menghasilkan produk yang lebih berkualitas. Anda akan sepakat jika mesin ini menjadi solusi terbaik memajukan bisnis percetakan Anda. Sebab, teknik tersebut akan menghasilkan cetakan lebih berwarna, produk pun terlihat lebih profesional.

Faktor keamanan juga menjadi nilai lebih saat Anda memutuskan menggunakan mesin ini. Klien akan berpotensi sukses ketika menggunakan hasil cetakan untuk media branding bisnis.

UV direct printing menghadirkan beragam keunggulan, sehingga akan mendukung kemajuan bisnis percetakan Anda. Mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan ternyata sebanding dengan keuntungan yang Anda terima.

Solusi untuk masalah biaya adalah dengan menggunakan jasa percetakan UV printing profesional. Dengan begitu, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya produksi yang pastinya jauh lebih affordable dibandingkan menyediakan mesin sendiri. Hubungi Dewa Jasa Lasercut untuk penawaran jasa UV printing terbaik, khusus untuk Anda. Customer service dan tenaga ahli kami siap melayani Anda untuk konsultasi, contoh produk, dan info lengkap seputar UV direct printing.