logo dewa jasa lasercut white color
Edit Content
Click on the Edit Content button to edit/add the content.

Panduan Lengkap Gold UV Printing: Teknik & Aplikasi Premium

Daftar Isi

Pelajari teknik dan aplikasi Gold UV Printing dalam panduan lengkap ini. Tingkatkan kualitas desain dan produk Anda dengan tinta emas UV!

Gold UV Printing dalam bentuk tulisan

Gambar 1: gold UV printing (Sumber)

Proses pencetakan UV sangat populer di berbagai kalangan. Gold UV printing merupakan proses cetak menggunakan sinar UV dan tinta emas khusus. Anda bisa mencetak berbagai desain pada berbagai jenis bahan baik pada permukaan datar hingga objek 3D.

Pengenalan Gold UV Printing

Banyak percetakan menawarkan percetakan menggunakan sistem UV karena menghadirkan banyak keuntungan jika dibanding percetakan tradisional. Selain itu, proses cetaknya memiliki kesamaan, namun perbedaannya terletak pada penggunaan tinta dan proses pengeringannya.

Apa Itu Gold UV Printing?

Gold UV printing merupakan proses cetak menggunakan sinar UV. Sedangkan untuk tintanya menggunakan jenis tinta emas. Anda bisa mencetak di atas kertas maupun bidang datar, contohnya kayu, akrilik dan permukaan 3D. Keunggulan dari teknik digital printing ini yaitu prosesnya yang cepat.

Setelah tinta emas keluar akan langsung diberi sinar UV, sehingga tintanya mengering lebih cepat.

Sejarah dan Evolusi Cetak UV menggunakan Tinta Emas

Sejarah penemuan percetakan dimulai pada abad ke-6 yaitu pada masa Dinasti Ming. Percetakan saat itu menggunakan matriks kayu dengan teknik ukiran, kemudian diberi tinta, dan ditekan pada selembar kertas. Penemuan percetakan menggunakan huruf bergerak pada tahun 1041.

Pencetak Bi Seng asal Tiongkok menemukan huruf cetak yang terbuat dari tanah liat, namun mudah pecah. Kemudian pada tahun 1298, Wang Zhen membuat cetakan menggunakan huruf kayu yang lebih kuat. Sistem meja putar yang rumit justru memberi perkembangan signifikan.

Pada abad ke-15 percetakan menjadi lebih maju karena menggunakan huruf bergerak dari Eropa. Johannes Gutenberg menemukan teknik peluang dan parallelepiped baja dengan kepala yang diukir.

Penemu ini merupakan orang pertama yang menggunakan tinta berbahan minyak dan mampu bertahan lebih lama. Selain itu, Johannes Gutenberg juga sebagai penemu mesin cetak pertama. Percetakan kian berkembang pesat setelah penemuan mesin cetak offset pada tahun 1875.

Tahapan terakhir, pengembangan teknologi pencetakan menggunakan sinar UV pada tahun 1983.

Perbedaan Gold UV Printing dan Teknik Lainnya

Perbedaan utama gold UV printing dan percetakan konvensional terletak pada jenis tinta. Percetakan offset konvensional menggunakan tinta pelarut. Tinta tersebut mudah menguap di udara. Selain itu, printer yang digunakan harus sering menyemprotkan tambahan untuk membantu mengeringkan mesin.

Hasil cetakan mesin warnanya kurang cerah. Untuk mengeringkan cetakan diperlukan waktu lama. TInta konvensional harus diserap media yang dicetak, sehingga tidak bisa digunakan untuk bahan plastik, kertas, atau timah. Sedangkan gold UV printing tintanya mudah mengering melalui proses foto mekanis.

Tinta emas akan berubah dari cair menjadi padatan, sehingga hampir tidak ada penyerapan dalam kertas. UV printing bisa mencetak pada bahan apapun karena sifatnya lekas kering tanpa mengeluarkan VOC.

Proses Gold UV Printing

Pembuatan produk-produk menggunakan proses penggagalan emas metalik menggunakan UV printing menarik minat konsumen. Hasil cetakan menggunakan teknik UV printing tampil sebagai luxurious print finishes yang lebih berkualitas. Berikut ini serangkaian proses UV printing menggunakan tinta emas:

Tahapan Utama dalam Gold UV Printing

Tahapan utama dalam UV printing menggunakan tinta emas antara lain:

Persiapan Desain dan Material

Pihak percetakan akan meminta klien menyetorkan file berupa desain atau gambar yang ingin dicetak. File umumnya disimpan dalam file PNF atau Bitmap. Kemudian, proses pembuatan color spot membantu membedakan bagian tinta putih dan tinta berwarna.

Pemilihan Tinta Emas UV yang Tepat

Pemilihan tinta gold UV printing harus selektif. Tinta emas UV proses pengeringannya lebih cepat. Oleh karena itu juga memerlukan printer khusus yang telah dilengkapi lampu UV. Pemilihan tinta eco solvent memiliki keunggulan dalam hal ketahanan.

Proses Pencetakan dan Pengeringan dengan UV

Hadirnya kemajuan teknologi, printer UV akan memproses penggalangan emas dengan mulus. Berikut ini proses pencetakan menggunakan printer UV bertinta emas:

  • Anda harus mencetak desain pada film A menggunakan printer UV bertinta putih, berwarna dan pernis agar label kertas tidak dilaminasi.
  • Lanjutkan dengan mengoleskan film khusus untuk pengaplikasian film B.
  • Pisahkan film A dan B pada sudut 180 derajat dengan tujuan mencegah lem dan limbang mengganggu transfer foil emas.
  • Proses gold UV printing selanjutnya yaitu tempatkan kertas emas pada film A, kemudian masukkan laminator. Laminator kemudian akan memindahkan lapisan logam dari kertas emas.
  • Oleskan pada lapisan film lainnya, sehingga stiker dapat melindungi efek penggalangan emas.
  • Label stiker kristal emas berkilau akan menarik secara visual serta lebih tahan lama.

Teknologi dan Peralatan yang Dibutuhkan

Setelah mengenali tahapan proses cetak, Anda wajib mengetahui teknologi dan peralatan yang dibutuhkan agar hasilnya menarik.

Mesin UV Printing

Proses penggalangan emas dapat diterapkan di berbagai industri, mulai dari periklanan, papan tanda hingga hadiah khusus. Proses Gold UV printing sangat tergantung pada pemilihan mesinnya. Mesin UV printing mampu memberikan hasil cetakan tajam dan detail.

Hasil cetakan pun lebih tahan lama karena terbantu teknologi curing UV, sehingga tinta dapat menempel dengan kuat pada bahan.

Tinta dan Substrat yang Digunakan

Pemilihan tinta emas akan menghasilkan warna solid, tajam, serta lebih detail. Selain itu, tinta UV cepat kering dan bisa untuk mencetak pada bahan yang sensitif terhadap panas.

Pengaturan dan Kalibrasi Mesin

Setelah proses persiapan usai, maka segera lakukan proses percetakan. Letakkan film di atas meja gold UV printing. Kemudian, tata rapi film yang terpasang. Mulai cetak file dan pastikan selalu mengawasi mesin tetap lancar agar hasil cetakan mulus.

Manfaat dan Keunggulan Gold UV Printing

Gold UV Printing pada mug/cangkir

Gambar 2: gold UV printing (sumber)

Tidak hanya ramah lingkungan, teknik cetak menggunakan teknologi UV akan menghasilkan warna cerah. Berikut ini manfaat dan kelebihan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan UV printing dengan tinta emas:

Kelebihan Estetika dan Visual

Penggunaan tinta emas tidak dapat dipungkiri akan memberikan hasil tampilan lebih mewah pada media yang Anda cetak. Berikut ini kelebihan estetika dan visual ketika menggunakan tinta emas:

Hasil Akhir yang Berkilau dan Mewah

Mencetak dengan sistem UV terbukti dapat memberikan hasil lebih vibran dan cerah. Sebab, sinar UV pada mesin pencetak tidak memberikan waktu untuk proses peresapan pada material. Proses pencetakan menggunakan fotorealistik akan membuat hasilnya lebih nyata.

High-end product printing yang elegan ini dapat hadir karena penggunaan tinta emas. Menariknya lagi, Anda bisa mencetak di berbagai jenis bahan.

Daya Tarik Tinta Emas di Berbagai Substrat

Ingin menghadirkan kemewahan dan kecanggihan pada material cetak Anda? Pemilihan tinta memiliki peranan besar untuk membuat perubahan. Tinta emas memiliki pigmen khusus yang menawarkan desain menarik, sehingga memungkinkan meningkatkan identitas merek pada premium packaging design.

Daya pantulan tinta emas mampu menciptakan efek khusus dan menakjubkan. Melalui teknik penyelesaian cetak tertentu, tinta emas akan memberikan kilau sempurna.

Keunggulan Teknis dan Fungsional

Selain mampu menghadirkan kesan mewah dari segi tampilan, gold UV printing juga memiliki keunggulan teknis dan fungsional. Berikut ini keunggulan tinta emas untuk UV printing dari segi teknis dan fungsional.

Ketahanan dan Kualitas Hasil Cetak

Mesin percetakan UV relatif lebih lama. Untuk lampu LED yang digunakan pada mesin bisa bertahan hingga 10.000 jam. Anda tidak perlu sering mengganti lampu dan dapat bertahan hingga 5 tahun, sebanding dengan masa pakai printer. Selain itu, hasil mesin pun konsisten.

Gold UV printing memiliki kelebihan pada kualitas hasil cetak yang lebih cepat. Teknologi ini sangat menguntungkan ketika anda membutuhkan cetakan dalam jumlah banyak. Prosesnya pun tidak harus menunggu tinta kering satu per satu dengan kata lain prosesnya instan.

Kelebihan UV Curing untuk Hasil yang Lebih Tahan Lama

Diantara jenis tinta inkjet berkualitas, tinta UV menjadi pilihan paling tepat. Tinta jenis ini akan langsung kering dengan sinar UV, sehingga lebih cepat untuk penanganan selanjutnya. Daya rekatnya pun sangat baik. Menariknya lagi, tinta emas memiliki ketahanan yang baik terhadap abrasi dan bahan kimia lainnya.

Anda pun tidak perlu menambahkan lapisan khusus pada substrat dan tidak meninggalkan emisi VOC.Hal tersebut lantaran tinta terdiri dari senyawa dari reaksi fotoinisiator membentuk radikal setelah terpapar sinar UV.

Gold UV printing mendapatkan warna dari dispersi pigmen, sehingga mampu mewujudkan aspek surfaktan hingga kualitas.

Aplikasi dan Penggunaan Gold UV Printing

Mencetak menggunakan tinta emas dapat Anda gunakan pada berbagai permukaan. Penggunaan tinta emas akan membuat tulisan lebih eksklusif, misalnya logo perusahaan atau nama pada undangan.

Packaging dan Branding Produk

Gold UV Printing pada bungkus produk

Gambar 3: gold UV printing (sumber)

Jika ingin mendapatkan premium packaging design lebih mewah, Anda bisa menggunakan tinta emas saat proses mencetak. 

Tidak hanya berfokus pada penggunaan tintanya, Anda harus memikirkan desain kemasan untuk tampilan premium. Kemasan dengan tampilan premium akan lebih menarik konsumen dan menjadi nilai plus produk Anda.

Penggunaan gold UV printing juga akan membantu proses branding berjalan lancar. Terutama untuk produk kosmetik dan elektronik yang ingin memenangkan persaingan. Packaging produk harus dibuat semenarik mungkin.

Kartu Undangan dan Stationery

Gold UV Printing

Gambar 4: gold UV printing (sumber)

Salah satu aspek yang harus diperhatikan saat membuat undangan yaitu pemilihan font tulisan dan warnanya. Anda dapat memilih embossed gold printing pada desain dan font tulisan, maka akan menampilkan kesan berkelas.

Selain untuk undangan, tinta emas juga akan memberi kesan profesional pada penggunaan stationery perusahaan. Penggunaan tinta emas dengan hasil akhir glossy gold finish juga akan membantu branding perusahaan lebih menarik.

Material Promosi dan Iklan

Gold UV printing juga bisa Anda gunakan untuk material promosi. Tampilan brosur dan flyer akan terlihat lebih menarik ketika menggunakan tinta emas. Warna yang tajam dengan detail akan menarik banyak pihak.

Untuk media promosi, Anda juga membutuhkan poster dan display yang menarik. Penggunaan tinta emas merupakan pilihan tepat agar material display terlihat berbeda dan unik.

Studi Kasus: Sukses dengan Gold UV Printing

Perusahaan umumnya menyediakan merchandise berupa botol minum atau tumbler. Jika ingin membuatnya lebih unik, Anda bisa menambahkan tulisan pada tumbler berbahan stainless. Anda bisa menggunakan roll agar tinta emas bisa menempel sempurna.

Pemberian merchandise kepada rekanan berupa tumbler dengan teknik gold UV printing akan menaikkan citra perusahaan Anda. Rekanan akan terus mengingat perusahaan Anda. Tampilan eksklusif pada desain merchandise menunjukkan bahwa perusahaan Anda dikelola secara profesional.

Gold UV Printing pada gelas

Gambar 5: gold UV printing (sumber)

Salah satu contohnya adalah saat Starbucks mengeluarkan tumbler emas edisi khusus Natal serta edisi ulang tahun emas tahun 2021 lalu. Merchandise ini memiliki nilai sentimentil khusus di hati penggemar kedai kopi waralaba asal Amerika Serikat itu. Hingga bahkan sebagian pelanggan setianya menjadikan tumbler tersebut benda koleksi. 

Tips Praktis untuk Gold UV Printing

Agar hasil printing menggunakan metode UV, penting memperhatikan beberapa tips berikut:

Memilih Material yang Tepat untuk Tinta Emas UV

UV printing mampu mencetak pada berbagai produk dan bahan. Namun, Anda harus pintar memilih material yang tepat agar hasil cetak bagus. Untuk media kertas atau permukaan datar lainnya kemungkinan besar tidak akan mengalami kendala.

Sedangkan untuk permukaan tidak datar atau material stainless, Anda harus menggunakan rol agar cetakan rapi.

Menghindari Masalah Umum dalam Proses Cetak

Masalah yang sering ditemui pada gold UV printing yaitu hasilnya tidak rata dan bagian tepi menengadah. Ada kalanya material nozzle meringkuk pada sudut busur dan aliran udara yang tertiup keluar menjadi dua bagian. Ketidakseimbangan warna sering terjadi setelah proses cetak selesai.

Selain itu, masalah kegagalan cetak sering terjadi. Lembaran logam tidak dapat ditarik dengan benar, sehingga terjadi gagal cetak.

Merawat dan Menyimpan Produk dengan Gold UV Printing

Membersihkan limbah tinta pada mesin printing perlu dilakukan secara berkala. Produk yang telah dicetak melalui UV printing harus disimpan di tempat yang bersih dan tidak lembab.

Baca Juga : UV Printing Roll Adalah: Panduan Lengkap UV Printing Roll to Roll

Tanya Jawab tentang Gold UV Printing

Apakah tinta emas pada UV printing aman untuk kemasan makanan? 

Sebaiknya menghindari penggunaan tinta emas pada UV printing untuk kemasan makanan untuk menghindari kontaminasi.

Bagaimana mengatasi permasalahan kualitas cetak? 

Agar hasil cetakan presisi, Anda harus mengawasi prosesnya dan menggunakan bantuan alat lain. Jangan lupa untuk menggunakan mesin UV dan tinta yang berkualitas untuk memastikan hasil cetak benar-benar sempurna.

Teknik UV printing menggunakan tinta emas unik dibandingkan teknik lainnya? 

Tinta emas mampu membuat desain menjadi lebih eksklusif, menarik, dan terkesan elegan.

Kesimpulan

Penggunaan gold UV printing menarik banyak minat karena warna yang dihasilkan tajam dan tahan lama. Prosesnya pun mudah kering dan ramah lingkungan. Anda bisa menggunakannya di berbagai jenis bahan. 

Jika teknik ini adalah yang sedang Anda cari untuk kebutuhan bisnis, maka Dewa Jasa Lasercut dapat membantu menyediakan jasa UV printing berkualitas. Dengan pengalaman lebih dari sepuluh tahun di dunia desain dan percetakan, kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan bergaransi untuk Anda. Hubungi customer service DJL untuk mendapatkan penawaran menarik, sesi konsultasi gratis, maupun info lengkap mengenai gold UV printing.